KENALI CIRI-CIRI BERLIAN PALSU YANG BEREDAR DI PASARAN

Maraknya berlian imitasi atau tiruan dibuat dan dijual sebagai alternative pengganti berlian asli karena harganya yang fantastis. Akibatnya banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan berlian imitasi untuk menipu para pembeli awam yang ingin membeli berlian asli. Karena meskipun berlian imitasi tetapi batu berlian ini sangat mirip dengan yang asli. Banyak orang yang menyamakan berlian tiruan dan berlian sintetis, padahal keduanya sangatlah berbeda.

Berlian sintetis memang memiliki material yang sama dengan berlian alami. Namun yang membedakan, jenis berlian ini tidak terbentuk secara alamiah, melainkan diproduksi di laboratorium. Untuk kamu yang akan membeli berlian asli tetapi takut tertipu, berikut akan kami berikan informasi mengenai ciri-ciri berlian palsu agar kamu tidak salah beli. Penasaran kan? Yuk simak !

Ciri-Ciri Berlian Palsu atau Imitasi :

1. Terlihat Sangat Bersih

Berlian imitasi seringkali terlihat lebih bersih dibanding berlian asli. Mengapa? Karena berlian tiruan ini tidak memiliki cacat, baik di bagian luar maupun bagian dalam batu. Lain halnya dengan batu berlian asli yang pasti memiliki resiko cacat kecil. Mengapa berlian asli bisa memiliki cacat? Karena berlian asli dibentuk di perut bumi dengan panas dan tekanan yang tinggi. Proses pembentukan inilah yang membuat berlian memiliki “tanda lahir” berupa cacat di bagian dalam (inclusion/ inklusi) dan cacat di bagian permukaan (blemishes).

2. Menyimpan Panas

Jika berlian yang kamu beli ternyta mampu menyimpan atau menahan panas, maka bisa dipastikan berlian tersebut adalah palsu. Sebaiknya lakukan fog test atau tes embun. Caranya adalah, dengan menghembuskan nafas ke arah berlian seperti sedang menghembuskan nafas ke cermin. Berlian asli akan membuat embun menghilang sangat cepat namun sebaliknya pada berlian palsu akan berembun dan lama menghilang setelah dihembuskan nafas. Mengapa demikian? Karena berlian asli mampu menghasilkan konduktivitas panas dengan sangat baik.

3. Mudah Tergores

Berlian asli berasal dari batu permata yang paling keras. Meskipun kamu memukulnya atau membantingkan dengan keras, maka berlian asli tersebut tidak akan mudah tergores. Berbanding terbalik dengan berlian imitasi, karena tidak sekeras berlian asli. Berlian imitasi akan mudah tergores jika terbentur dengan benda lain, apa lagi jika terbuat dari bahan yang lebih lunak.

4. Harga Yang Murah

Ciri paling mudah untuk menentukan apakah berlian yang Anda beli itu palsu atau tidak adalah dengan melihat harganya. Berlian imitasi memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding berlian asli. Jadi, jika ada berlian dengan ukuran yang besar dan memiliki tampilan yang sangat bersih tanpa ada cacat, namun dijual dengan harga yang sangat murah, sudah dipastikan berlian tersebut palsu dan kamu wajib meragukan keasliannya.

5. Terlalu Berkilau

Berlian asli sejatinya memantulkan cahaya sehingga ketika mata melihat akan memantulkan kilauan berlian tersebut. Namun pada berlian imitasi biasanya terlihat lebih menyilaukan. Beberapa di antaranya bahkan memiliki kilau dalam warna-warni pelangi. Contohnya saja adalah Cubic Zirconia. Bila disandingkan dengan berlian asli, maka berlian tiruan ini justru memperlihatkan kilau yang lebih berwarna.

6. Sertifikat

sertifikat itu penting karena didalam sertifikat tersebut berisi tentang kualitas berlian yang kita beli, mulai dari berat berlian, kejernihan, warna berlian, dan potongan. Selain itu juga, sertifikat dapat menghindari dari berlian palsu atau penipuan.

Itulah beberapa ciri-ciri berlian palsu. Jadi, jangan sampai kamu tergoda dengan tawaran harga berlian yang murah atau kilauan warnanya. Sebelum membeli, sebaiknya kamu mengecek keasliannya terlebih dahulu. Usahakan juga membeli berlian di tempat yang resmi dan sudah terbukti kredibilitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.