Pentingnya makan sahur dibulan ramadhan

Bulan Ramadan 1441 Hijriyah telah hadir didepan mata kita. Banyak hal yang harus kita siapkan mulai dari persiapan stok makanan selama berpuasa, lalu persiapan ibadah yang harus dilakukan dan juga persiapan diri dan iman dalam menjalani puasa selama 1 (satu) bulan penuh.

Bulan Ramadan menjadi satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh para umat beragama islam karena pada bulan ini apapun perilaku baik yang kita lakukan bisa dilipat gandakan pahalanya 2 kali lipat dibandingkan bulan bulan lainnya walaupun semua bulan adalah bulan baik. Pada Ramadan ini sedikit ada perbedaan dimana kita harus bisa menahan diri berpuasa dirumah saja tanpa berbuka bersama teman-teman diluar, sahur on the road bersama teman, ataupun ngabuburit menunggu waktu buka dengan berkumpul bersama teman-teman melakukan hal baik dikarenakan pandemic covid-19 yang hingga detik ini belum mencapai titik terang. Walaupun demikian sebagai umat muslim yang menaati aturan agama, sudah diwajibkan untuk berpuasa dengan mengumpulkan amal-amal baik seperti melakukan sadaqah dengan member makan anak anak yatim piatu, berinfaq kepada yang memerlukan, membayar zakat dan hal positif lainnya bisa dilakukan dirumah aja ataupun bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Salah satu hal paling penting dan selalu diingat ketika masuk bulan Ramadan adalah makan diwaktu ΒΌ malam atau sering dikenal dengan makan sahur. Makan sahur memang menjadi suatu hal yang sunnah dimana dilakukan mendapatkan pahala sedangkan jika tidak dilakukan tidak mengapa. Tapi moment ketika sahur ternyata banyak memberikan manfaat untuk banyak manusia yang melakukannya. Bukan hanya dari sudut pandang islam tetapi dalam sudut pandang kesehatan membiarkan perut kosong akan membuat perut kita kaget. Maka dari itu disarankan mengisi perut sebelum berpuasa satu hari full agar kita tetap dalam kondisi berenergi dan tidak lemas selama beraktivitas.

Selain sebagai sumber energi selama satu hari full, sahur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bagaimana bisa? Menurut para ahli ketika kita mahan sahur maka kekebalan tubuh kita akan terus menopang system kerja kekebalan sehingga dapat menjaga badan tetap bugar walaupun perut dalam kondisi kosong. Tapi perlu anda ingat bahwa manfaat ini bisa anda dapatkan jika anda makan sahur dengan asupan yang sesuai yaitu empat sehat lima sempurna atau makanan makanan yang bernutrisi.

Lalu sahur pun memberikan manfaat untuk dapat meminimalisir terjadinya penyakit yang disebabkan oleh sindrom metabolik. Ketika kita makan sahur maka ada beberapa penyakit yang bisa terkurangi resikonya yaitu seperti penyakit jantung, stroke dan juga diabetes yang diakibatkan oleh sindrom metabolic. Apa itu system metabolic? System ini merupakan suatu kondisi kesehatan yang bisa memburuk suatu penyakit bahkan bisa terjadi secara bersamaan disatu waktu.

Bayangkan system metabolic ini bisa meningkakan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan juga penumpukan lemak yang berlebih. Anda punya masalah dengan pencernaan anda? Jika anda melakukan sahur makan bisa mencegah terjadinya gangguan pencernaan selama bulan Ramadan. Dengan pola sahur dan puasa setiap harinya dapat membantu anda mengurangi bahkan mencegah terjadinya gangguan pencernaan. Tetapi seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa anda harus bisa menjaga makanan anda untuk bisa terus bernutrisi dan jangan makan makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung saat makan sahur seperti yang terlalu pedas atau terlalu masam.

Jangan lupa untuk terus mengetahui jadwal puasa 2020 di daerah kaian setiap harinya agar kalian tidak terlambat dan melewatkan sahur dan berbuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *