7 Bahan Alami Ini Dipercaya Dapat Mengobati Sakit Perut

Kenali 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Agar Penanganannya Tepat

Salah satu penyakit yang cukup umum dialami banyak orang adalah sakit perut. Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan seseorang sakit perut. Kebanyakan kasusnya tidak serius dan dapat dihilangkan dengan cepat kasusnya. Tetapi karena terkadang rasanya itu sangat menganggu, sehingga dibutuhkannya obat yang dapat mengatasinya dengan cepat. Tetapi sebelum kamu repot repot membeli obat sakit perut ke warung atau apotek, tidak ada salahnya mencoba terlenih dahulu menggunakan obat dari bahan alami yang ada di rumahmu.

Berikut dibawah ini 7 bahan alami untuk sakit perut diantaranya yaitu :

  • Jahe

Sejak dari dulu jahe sudah diandalkan banyak orang sebagai bahan alami yang untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti sakit perut hingga mual. Sudah banyak studi yang mengungkapkan bahwa jahe memang dipercaya efektif dapat mengobati sakit perut. Jahe adalah zat antiinflamasi alami yang dapat dimanfaatkan dalam bentuk apapun. Kamu bisa mendapatkannya dalam bentuk permen, suplemen, ataupun hanya sekedar minuman biasa dalam bentuk wedang ataupun the. Untuk meredakan sakit perut yang dialami, kamu bisa meminum segelas teh atau wedang jahe.

  • Teh Kamomil (Chamomile)

Untuk meredakan sakit pada perut juga bisa dengan secangkir teh kamomil (Chamomile), bahan alami ini akan bekerja sebagai antiinflamasi. Antiinflamasi ini berkhasiat dapat membantu otot perut menjadi rileks, sehingga rasa nyeri akibat keram dan kejangh dapat berkurang.

  • Peppermint

Untuk mengatasi sakit perut dan mual juga bisa memanfaatkan peppermint, karena daun tersebut mengandung menthol yang berfungsi sebagai analgesik atau pereda nyeri. Kamu bisa mencoba membuat secangkir teh peppermint, mencium wangi ekstrak peppermint, memakan permen mint, atau mengunyah daun peppermint. Dengan begitu dapat disingkirkannya rasa sakit perut dan mual.

  • Cuka Apel

Jika kamu sering mengkonsumsi cuka apel, maka saat mengalami sakit perut dan ingin meredakannya bisa dengan mencoba satu sendok cuka apel. Tetapi jika tidak sanggup mengkonsumsinya secara langsung, bisa mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan secangkir air dan satu sendok the madu, lalu sisip perlahan. Asam dalam cuka apel ternyata dapat membantu mengurangi pencernaan pati, nantiya pati dapat berjalan dengan mudah ke usus dan menjaga tetap sehatnya bakteri didalamnya.

  • Kompres Panas

Untuk meredakan rasa sakit di perut juga bisa dengan memanfaatkan kompres panas. Cobalah taruh kompres panas diatas perut atau tempat yang sakit, lalu tunggu hingga menghilang gejalanya. Rasa hangat di perut dapat mendistraksi kamu dari rasa kram ataupun nyeri. Selain itu juga rasa panas yang ditimbulkan dapat membantu merilekskan otot dan mengurangi rasa mual. Meski begitu kompres panas ini jangan terlalu lama ditaruh diatas perut yang sakit karena dapat menyebabkan kerusakan kulit jika berlebihan menggunakannya.

  • Pisang

Seringkali buah pisang dijadikan sebagai asupan energi bagi para pelari marathon. Pasalnya pisang ini buah yang mudah dicerna dan tidak menyebabkan perut sakit. Selain itu juga ternyata pisang dapat membantu mengatasi sakit perut, karena kandungan pektin didalamnya yang dapat membantu memulai gerakan usus secara alami.

  • Pepaya

Dengan mengkonsumsi pepaya maka akan berjalan lebih lancarnya organ pencernaan. Selain itu pepaya juga dapat mengatasi keluhan diare, karena pepaya dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan dan membantu mengatasi konstipasi. Yang ajaib dari buah ini adalah adanya enzim papain dan chymopapain yang dapat membantu memecahkan protein dan menenangkan perut serta dapat meningkatkan lingkungan asam yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.