Bagaimana Sih Cara Melancarkan Haid? Ini Dia Jawabannya

Sering Nyeri Haid? Jangan Khawatir, Redakan dengan 5 Olahraga Ini

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa siklus haid itu dihitung dari hari pertama periode ke hari pertama berikutnya. Ya, siklus haid rata-rata itu berkisar 28 hari. Namun, setiap perempuan pastinya memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Siklus haid seorang wanita bisa dikatakan tidak teratur, apabila waktu antara periodenya terus mengalami perubahan sehingga membuat menstruasi datang lebih awal. Lantas, bagaimanakah cara melancarkan haid? Nah, secara kebetulan juga, berikut dibawah ini ada beberapa cara alami yang bisa kamu coba untuk melancarkan haid. 

1. Mengkonsumsi Daun Seledri

Cara alami pertama yang bisa kamu coba untuk melancarkan haid, yakni dengan mengkonsumsi daun seledri. Bahkan, daun seledri ini pun sangat direkomendasikan oleh para dokter karena aman untuk dikonsumsi. Caranya pun sangatlah mudah, dimana daun seledri tersebut bisa kamu jadikan segelas jus. Nah, agar dapat merangsang aliran darah ke panggul dan rahim, sebaiknya kamu meminum jus seledri ini sebanyak 2 gelas dalam sehari. 

2. Mengkonsumsi Daun Parsley

Pada dasarnya, daun parsley ini juga masih bagian keluarga dari daun seledri. Hal itu pun bisa kita lihat, dimana bentuk daun parsley sangat mirip dengan daun seledri. Berdasarkan dari hasil penelitian, daun parsley memiliki zat apiol dan myristicin yang dapat merangsang kontraksi rahim, sehingga akan menghasilkan efek pendorong siklus haid bulanan. Mengenai cara konsumsinya, silahkan sedikan daun parsley sebanyak 6 gram, lalu konsumsi dalam 3 dosis masing-masing 2 gram, kemudian rebus dalam 160 ml air. Minumlah air rebusan tersebut sebanyak 2 gelas dalam sehari. 

3. Mengonsumsi Buah Pepaya

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan buah manis yang bertekstur lembut ini? Menurut para pakarnya, buah pepaya mentah sudah terbukti efektif untuk merangsang kontraksi di dalam rahim sehingga dapat membantu dalam menginduksi menstruasi. Pasalnya, hal itu dikarenakan kandungan karoten yang terdapat pada buah pepaya. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa menjadikan buah pepaya ini segelas jus. 

4. Menggunakan Jahe

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Ya, salah satunya yakni dapat melancarkan siklus menstruasi. Siapkan jahe secukupnya, lalu jadikan segelas jus atau diseduh dengan air panas. Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa original, kamu bisa menambahkannya sedikit madu. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk meminum ramuan jahe ini sebanyak 2 gelas per hari dalam keadaan perut kosong. 

5. Menggunakan Biji Ketumbar

Tak sulit bagi kita untuk menjumpai bahan bumbu masakan yang satu ini, entah itu dipasar tradisional maupun di warung-warung terdekat. Mengenai caranya, silahkan rebus ketumbar sebanyak 1 sendok teh dengan 2 gelas air, lalu tunggu hingga airnya agak menyusut. Kemudian gunakan saringan untuk mengeluarkan bijinya, dan minumlah ramuan tersebut sampai habis. 

6. Mengkonsumsi Vitamin C

Cara alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk melancarkan siklus haid, yakni dengan mengonsumsi vitamin C. bahkan, vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Ya, vitamin C itu sendiri bisa kamu jumpai pada berbagai jenis makanan seperti buah jeruk, tomat, kiwi, brokoli, buah pisang, stroberi, dan paprika. 

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan dirumah untuk melancarkan siklus haid.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.