Bagaimana Cara Menabung dengan Benar Buat Pemula

Ada cukup banyak kisah-kisah soal tabungan yang bermula dari koin kecil, kemudian makin banyak hingga bisa membeli sepeda motor, mobil bahkan bisa menjadi ongkos naik haji. Keberhasilan dari upaya serta kerja keras menabung itulah yang perlu dicontoh ketika kita punya target yang harus dicapai.

Cara menabung bagi pemula sebenarnya masih sama, menyisihkan pendapatan dalam dompet atau tempat terpisah sehingga bisa terkumpul uang sesuai dengan target yang ditetapkan. Prinsipnya hampir sama dengan cicilan dana bulanan tetapi memiliki esensi yang berbeda. 

Lalu bagaimana cara sederhana menabung dengan benar bagi para pemula? Berikut adalah ulasannya.

1. Catat semua pengeluaran

Hal terbesar dalam mengatur keuangan adalah dengan mencatat semua administrasi pengeluaran. Mengapa ini penting? Karena uang yang keluar biasanya lebih banyak dibandingkan uang yang masuk. Jika, kondisinya tidak imbang, itulah yang menyebabkan banyak orang bergantung pada utang. Ibarat pepatah seperti besar pasak daripada tiang.

Agar kita bisa mengatur aliran uang keluar, catat pengeluaran dengan baik sampai pengeluaran terkecil yang tidak terasa. Kamu bisa mencatatnya dalam sebuah buku atau menggunakan aplikasi yang ada di smartphone. Sehingga rekap bulanan jadi lebih mudah dan bisa di-export ke file Excel secara otomatis.

2. Masukkan tabungan dalam anggaran bulanan

Tidak banyak yang menganggarkan besaran jumlah tabungan ke dalam anggaran bulanan. Padahal tabungan bisa dimasukkan dalam catatan bulanan sehingga bisa ada bukti berapa yang harus dikeluarkan setiap bulan dari pendapatan yang ada.

Tidak hanya tabungan saja, melainkan investasi hingga dana darurat perlu dialokasikan. Biarpun persentasenya masih sedikit, yang jelas tetap ada alokasi untuk dana-dana tersebut ke rekening terpisah dari rekening operasional yang digunakan untuk belanja ataupun rekening penerimaan gaji.

3. Cari cara untuk berhemat

Sekaya apapun seseorang tetap harus paham bagaimana caranya bisa berhemat. Mental hemat ini tidak mudah karena ada banyak orang yang justru bisnisnya ambruk karena tidak bisa menerapkan pola hidup hemat. Hemat bukan berarti pelit, melainkan menggunakan uang sesuai dengan kadar kebutuhannya saja. Tidak dihambur-hamburkan untuk barang atau hal-hal yang berada di luar kebutuhan.

4. Belajar menentukan prioritas kebutuhan

Selain belajar berhemat, cara lain yang menjadi bagian dalam menabung adalah belajar bagaimana caranya menentukan prioritas kebutuhan. Misalnya dalam memilih smartphone, jika hanya untuk chatting atau komunikasi dan sosmed saja, sebenarnya sudah cukup menggunakan smartphone middle di bawah Rp3 jutaan. 

Jadi tidak perlu memilih smartphone yang harganya hingga puluhan juta. Lain halnya jika handphone puluhan juta tersebut untuk menunjang pekerjaan seperti seorang web developer, desainer, fotografer, hingga video maker.

Wajar jika profesi-profesi tersebut memiliki gajet yang super dengan spesifikasi yang tinggi. Jika kamu termasuk yang merintis menekuni profesi tersebut serta perlu bujet mendesak untuk menunjang pekerjaan bisa memanfaatkan cicilan dana bulanan dari Kredivo

Kredivo menyediakan tenor 3 bulan tanpa bunga, cukup bayar biaya adminnya saja 3%. Jadi, lebih ringan serta tidak terlalu memberatkan. Namun, jika berkaitan dengan utang produktif, bisa mencicil dengan tenor lebih fleksibel 6 bulan atau 12 bulan yang bunganya paling rendah diantara perusahaan sejenis hanya 2,6% saja per bulan.

5. Kurangi cicilan konsumtif

Menabung itu harus diiringi dengan gaya hidup yang sehat secara finansial. Ibarat diet, harus diimbangi dengan makanan yang mendukung program diet sehingga harus selaras. Oleh karena itu, cara menabung yang paling efektif adalah mengimbanginya gaya hidup hemat serta mengurangi cicilan konsumtif. Itulah beberapa cara menabung yang benar untuk pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published.