Cara Belajar Mobil Manual Agar Cepat Bisa

Untuk mempelajari cara menyetir mobil manual bisa dibilangg tidak begitu sulit. Mobil manual adalah mobil yang menggunakan sitem pindah gigi atau manual untuk bisa melaju. Mobil ini juga dikenal memiliki 3 buat pedal yang masing masing yaiturem, kopling dan gas.

Beda dengan mempelajari mobil matic, mempelajari mobil manual sangat penting untuk diketahui oleh pemulayang ingin seklai memperlancar skill driving masing masing dalam mengendarai mobil manual. Dengan lebih sering mengendarai mobil manual, anda akan semakin terampil dan terlalit. Dengan mempelajari cara mengendari mobil manual anda akan lebih aman dalam berkendara, nyaman dan juga lebih lancar.

Beberapa tahapan untuk pempelajari mobil manual adalah mempelajari fitur fitur dari mobil, cara mentransmisi kan gigi, menjaga keselamatan dan juga menciptakan sebuah kenyamanan. Berikut ini cara belajar mobil manual agar cepat bisa.

  • Mengenali fitur fitur dari mobil

Untuk tahapan pertama dari belajar mobil manual adalah mengenali fitur fitur mobil terlebih dahulu. Salah satu fitu penting yang harus diketahui oleh pemula adalah tiga buah pedal yang dimiliki oleh mobil manual yaitu Kopling, rem dan gas. Selain itu ada fitur fitu yang lainnya seperti klakson, lampu sein, tuas perseneling mobil dan lain lain.

  • Memahami fungsi pedal

Tiga buah pedal yang dimiliki mobil manual adalah satu fitur pada mobil manual yang sagat krusial, salah satunya saja tidak berfungsi, akan menimbulkan resiko yang berbahaya. Maka dari itu, para pemula yang ingin belajar mengendari mobil manual haruslah sangat memahami point ini.

Sementara itu, untuk pedal yang berposisi paling kiri merupakan pedal kopling, sedangkan untuk pedal yang berposisi ditengah merupakan pedal rem dan juga untuk pedal yang berposisi sebelah kanan merupakan pedal gas. Ketiga pedal yang penting tersebut mempunya fungsi masing masing yang penting pula seperti pedal kopling memiliki fungsi untuk memutuskan perputaran roda mobil dan perputaran mesin dalam waktu yang bersamaan dan saling berhubungan.

Sedangkan untuk pedal rem mempunyai fungsi sebagai memperlambat atau menghentikan laju dari mobil. Berbalikan dengan pedal rem, pedal gas memiliki fungsi sebagai pemberi daya atau dorongan untuk membuat mobil melaju.

  • Mencari tempat latihan menyetir yang aman

Untuk tahapan yang ketiga merupakan mencari tempat latihan menyetir yang aman. Sebaiknya anda memilih tempat tidak sendirian, melainkan dengan orang yang sudah berpengalaman dalam menyetir mobil manual. Anda bisa memilih lokasi latihan mobil seperti lapangan, jalanan yang sepi, atau di sebuah tempat yang sangat luas dan lumayan jauh dari perumahan dan keramaian. Selain itu ada juga tempat test drive mobil yang ada di senayan park. Hyundai motorstudio mempunyai sebuah tempat test drive yang ada di senayan park.

  • Mencari posisi duduk yang paling nyaman

Agar lebih dapat meningkatkan kefokusan anda saat sedang latihan menyetir mobil manual, posisi duduk anda sangatlah berpengaruh. Hindarilah posisi duduk yang akan membuat anda tegang sehingga dapat meninmbulkan anda hilang fokus.

  • Berkonsentrasi akan semua tindakan yang dilakukan

Ketika anda sudah memasuki mobil dan sudah mulai duduk di kursi pengemudi, anda sangat dituntut untuk sangat berkonsentrasisekalikus rileks dan tenang. Anda harus memiliki fokus ganda dalam mengemudikan mobil manual. Saat sedang berjalan, anndah harus siaga dalam mengin jak pedal rem dan juga harus mengoprasikan sebuah tuas untuk mereka melarikan diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *